Ke-Muak-An pada Teknologi


Atau luddism.

Pernah nonton Charlie and the Chocolate Factory? Ayah Charlie dipecat karena tugasnya di pabrik digantikan oleh robot. Ini adalah gambaran revolusi industri, ketika tenaga manusia digantikan oleh teknologi – menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan. Mereka ini adalah ‘luddite(s)‘.

Luddites, yaitu orang-orang yang muak pada teknologi karena kehilangan mata pencaharian gara-gara teknologi.

Tapi, luddite(s) bukan hanya mereka yang kehilangan mata pencaharian karena teknologi. Luddite(s) adalah juga mereka yang muak terhadap teknologi gara-gara kehilangan lingkup personalnya (privacy).

🙂

Kita, pengguna teknologi (komunikasi) mungkin belum merasakan luddism, kemuakan pada teknologi (komunikasi). Tapi, beberapa orang di belahan negara lain sudah mulai merasakan kemuakan pada teknologi komunikasi, termasuk digital platform.

Laura Portwood-Stacer (2013, p. 1041-1057) menulis artikel penelitian mengenai kelompok orang yang melihat Facebook sebagai gerakan yang menjajah (cara kita berkomunikasi) – sehingga perlu dilawan dengan cara: tidak memiliki akun Facebook. Dan, menurut orang-orang ini – Facebook abstention adalah sebuah gerakan politik (personal).

Menarik.

One thought on “Ke-Muak-An pada Teknologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s