Tentang hak mencaci


image

Kalau kita orang baik, bersyukurlah. Bangga pada orang tua kita yang sudah berhasil mendidik kita menjadi orang baik.

Tapi tunggu. Rasanya kita belum pantas menuding kebejatan orang lain, kebobrokan orang lain – apalagi mengatakan mereka adalah orang tua yang tidak becus, tidak seperti orang tua kita.

Karena, kita pun akan jadi orang tua. Dan, kita belum tahu pasti apakah anak-anak kita akan menjadi orang baik (belum tahu pasti juga apakah ketika mereka dewasa akan berkata karena kita, orang tua mereka, mereka menjadi orang baik).

Kalau pun, ketika nanti mereka dewasa – mereka mengatakan mereka jadi orang baik karena kita adalah orang yang baik, rasanya kita pun belum boleh menudingkan jari pada orang. Belum pantas berteriak bejat pada mereka – apalagi mengatakan mereka adalah orang tua yang tidak becus, tidak seperti kita.

Karena, anak-anak kita pun akan menjadi orang tua. Dan, kita belum tahu pasti apakah anak-anak mereka akam menjadi orang baik. (Teruskan paragraf ini seperti di atas dan selanjutnya).

Karena kalau anak-anak kita tidak dapat menjadi orang baik, kesalahan mereka (tidak memjadi orang tua yang baik) adalah milik kita juga.

Maka, kita belum punya hak mencaci dan menuding kalau kita belum pasti benar bahwa semua keturunan kita nanti adalah orang yang baik.

Manusia tidak sempurna. Tidak saya. Tidak kamu. Tidak dia. Tidak kalian. Manusia tidak sempurna.

=========

By judging others we blind ourselves to our own evil.
― Dietrich Bonhoeffer, The Cost of Discipleship

One thought on “Tentang hak mencaci

  1. Beberapa orang menerima ketidaksempurnaan sebagai pembenaran untuk tetap mencaci dan memaki (eh, memang beda ya?). Dan saya mungkin termasuk orang yang sering “terpleset” ke dalam kategori itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s