Sampah masyarakat


Ada orang-orang, yang tanpa saya kenal (hanya sekali lihat) – bisa membuat saya sebal dan tidak suka sekali, lahir batin.

Orang-orang yang suka buang sampah sembarangan: orang yang ngelempar sampah dari dalam mobil, orang yang sambil jalan membuang botol minuman begitu saja ke dekat kaki mereka atau melempar kotak makanan begitu selesai (bukan ke keranjang sampah), orang yang sambil jalan menjatuhkan bungkus makanan/minuman.

Dan, saya paling sebal sekali, lahir batin – sama orang-orang yang berpendidikan dan mampu. Saya sering sekali melihat sampah melayang keluar dari mobil mewah (Iya, nggak mau mobil mewahnya kotor – lalu buang sampah lewat jendela. Mendingan jalanan yang kotor daripada mobilnya). Atau di mall yang mewah dengan menggunakan baju yang keren tapi jalan sambil buang tissue ke lantai. Atau ngeliat mahasiswa (dalam universitas) yang sambil bergerombol jalan – membuang kotak minuman yang baru saja habis begitu saja.

Pemalas. Sombong. Tolol.

Apa sih susahnya, pegang saja sampahnya sambil jalan lalu ketika melihat/menemukan tempat sampah, sampahnya dibuang. Apa sih susahnya menyediakan tas plastik bekas di dalam mobil dan membuang segala macam sampah yang dihasilkan selama perjalanan ke dalam tas kresek itu? Apa sih masalahnya, kalau pun nggak nemu tong sampah – simpan saja sampahnya di dalam tas atau kantong dan ketika sampai rumah sampahnya bisa dibuang di tong sampah pribadi.

(Lalu mengeluh kalau banjir, marah-marah bilang pemerintah tidak becus. Lalu membanding-bandingkan Indonesia dengan negara-negara lain yang bersih).

Ini yang namanya sampah (masyarakat) buang sampah. Sampah kuadrat.

One thought on “Sampah masyarakat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s