Pembeli itu raja? Tergantung.


Hari Selasa yang lalu, saya pergi ke Bogor. Sambil menunggu teman datang, saya beli kopi dalam kaleng di sebuat supermarket di dalam Stasiun Bogor. Berdiri di depan kotak pendingin, saya bingung. Ada Nescafe Original harganya Rp. 7900 ada ada Nescafe late harganya Rp. 7500. Karena uang pas-pasan, saya memilih harga kopi kaleng yang paling murah: Nescafe Late.

Sesampainya di kasir, saya disuruh bayar Rp. 7900. Tentunya dong, saya protes: “Loh, itu di kotak pendingin harganya Rp. 7500, bukan Rp. 7900” Si kasir, dengan wajah dingin dan acuh, menjawab: “Iya, biarin aja. Itu salah”.

Yah. Pembeli itu bukan raja lagi sekarang.

Sekadar cerita ya. Setahun lalu, saya belanja manggis di Woolworth Australia. Saya tahu, harganya bakalan mahal tapi karena jarang-jarang ada, saya beli dua plastik penuh. Sesampai di kasir, kasirnya tanya: “Ini apa ya?” Saya jawab: ‘Mangosteen’. Lalu si kasir mencari, dan saya harus menunggu sampai 15 menit sampai akhirnya si manager dipanggil. Setelah di cek, ternyata Woolworth belum memasukkan harga buah ini ke dalam komputer, jadi nama ‘Mangosteen’ tidak ada dalam data. Si manager bilang gini ke saya: ‘Silahkan bawa pulang Mangosteennya, ya Bu. Karena kesalahan kami, ibu harus menunggu.’ Dan saya pulang membawa hampir 4 kg manggis gratis.

Asik. Waktu itu (dan di sana), pembeli itu masih raja.

4 thoughts on “Pembeli itu raja? Tergantung.

  1. serius mbak kayak gitu, aku pernah juga ngalamin beli salah harga gitu di salah satu super market, saya protes, walo cuman selisih 500 rupiah, tapi karena selisih itu saya tidak bisa bayar, akhirnya setelah di cek, yang salah memang mesinnya, dan saya bayar sesuai harga yang tertera di rak bukan di mesin kasir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s