K-O-R-N-E-T


Corned Beef

 

Di Indonesia, saya kenal kornet – daging sapi kalengan. Cara paling ‘biasa’ mengolah daging kalengan ini, dicampur telur lalu digoreng dan dimakan pakai nasi anget.

Entah, siapa orang pertama yang menyuarakan KOR-NET, karena nama aseli makanan ini sebenarnya CORNED BEEF (corn-ed), bukan KORNET. Corned beef adalah jenis daging yang diolah dengan menggunakan ‘garam’ (a treatment with ‘corns’ of salt) dan bumbu-bumbu lainnya. Daging yg sudah dibumbui ini lalu dimasak dengan cara direbus dengan menggunakan api kecil selama berjam-jam (slow cooking) sampai lunak, tapi tidak hancur.

Makanan ‘kornet’ ini dimiliki oleh beberapa budaya, termasuk Irlandia, Inggris, Yahudi, Caribia, dan India dan Pakistan. Setiap budaya memiliki ‘bumbu’ tersendiri untuk mengolah ‘kornet’. Yang pasti, garam selalu jadi bumbu utama. Garam yang dipakai untuk membuat ‘kornet’ juga bukan garam biasa, tapi disebut  prague powder (a curing salt). Fungsi garam ini bukan hanya sebagai bumbu, tapi juga sebagai pemberi warna ‘merah jambu’ (pink) pada ‘kornet’.

‘Kornet’ pertama yang saya makan di Australia, mengingatkan saya pada ‘Indonesia kornet’. Bedanya, kornet yang saya makan bukan keluar dari kaleng (jadi, lemak-lemak putih yang kadang membungkus kornet ketika dikeluarkan dari kaleng itu nggak ada). Kornet yang saya makan juga ‘luar biasa lunak’ walaupun bedanya, tidak ‘hancur berkeping-keping’ ketika di potong/iris. Sementara, yang saya ingat, ‘kornet’ kalengan di Indonesia bisa dihancurkan dengan garpu biasa.

food188-famcirc51-85x11-1951

Negara pertama yang membuat kornet ini sebagai satu industri ialah Irlandia tahun 1825, walaupun soal pengolahan ‘kornet’ ini sudah disebut-sebut sejak tahun 888 AD. Entah kapan tepatnya industri pengalengan ‘kornet’, dan kapan iklan kornet pertama di Indonesia, yang sekarang jadi menu sehari-hari kita (digoreng pake telur).

Gambarnya saya pinjam dari sini  dan sini. Terimakasih.

 

One thought on “K-O-R-N-E-T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s