Prihatin


Akhir-akhir ini, saya baru ‘ngeh’ akan nasihat ayah saya ini: prihatin. Lengkapnya ayah saya bilang gini: ‘Kamu sekarang jadi orang tua, yang prihatin. Belum saatnya untuk senang-senang.’

Saya bertemu banyak teman yang ngeluh ‘ayahnya lebih milih mabuk dan merokok’ dibanding menggunakan uang untuk beli buku mereka. Atau ‘ibunya lebih milih senang-senang sendiri, sibuk dengan teman-temannya’ dibanding menemani mereka di akhir pekan. Atau ‘dipukul oleh ibu/ayah – sudah biasa’.

Jadi, walaupun kadang-kadang ingin beli baju baru, atau makan enak di restoran dengan teman-teman, atau nonton film di bioskop, atau beli gadget baru, atau beli minyak wangi – semua saya batalkan. Pesan ayah saya selalu mengingatkan bahwa si Tomblok butuh buku, butuh buku cerita, butuh jajan,  butuh les ini les itu, dan butuh makan yang bergizi.

Nggak cuman itu. Tapi juga ‘prihatin’ emosi. Semarah apa pun ayah dan ibu saya, mereka nggak pernah loh mukul, menyabet, menjambak, menendang. Membentak pun nggak pernah. Kalau marah sekali, ibu saya biasanya ngomel dan mendiamkan kami. Ayah saya? Bersikap dingin: suara yang dingin dan tatap mata yang dingin. Itu sudah cukup untuk membuat kami ‘berhenti’ atau ‘menjauh’.

Setelah jadi orang tua, saya baru ngerasain. Banyak masa saya ingin sekali rasanya memukul, menendang, berteriak, memaki ‘HHHMMPPHHHHH’ karena Tomblok benar-benar membuat saya marah. Tapi, lagi-lagi pesan ayah saya selalu jadi ‘penghenti’ setiap rencana tindakan anarkis pada Tomblok.

Pesan ayah saya seperti suara halus yang bilang: ‘Nanti ya. Nanti. Sabar. Prihatin dulu.’ Dan setiap saat, selalu ada ‘kabar bagus’ dari si Tomblok. Dan saya tahu, nasihat ayah saya benar. Kewajiban orang tua itu: prihatin.

🙂

 

2 thoughts on “Prihatin

Leave a Reply

