Doing a PhD


Kemarin, ada teman yang bertanya soal PhD. PhD itu gampang apa susah.

Hmmm. What do you think?

Buat saya sih: jungkir balik. Tapi buat teman saya yang lain: gancil.

Jadinya gimana?

Untuk saya, PhD itu pengalaman pribadi yang …. susah untuk dibagi dengan orang lain. Kenapa, karena tiap mahasiswa punya cara bertahan sendiri-sendiri, tergantung banyak hal. Berjuta kombinasi. Mau saya pinter, tapi kalau pembimbing saya nggak pinter membimbing – hmmmmm ya gitu deh. Mau saya goblok, tapi kalau dukungan sosial dari orang-orang di sekitar kita ok, hmmm ya gitu deh.

Doing a PhD is not a thing that you can simply ask: is it an easy or a hard path. The question about doing a PhD is more about whether you are ready to make a commitment  or not (and let the universe do the detail, haha).

 

Ps. I remember in the first month of my PhD study, my beloved professor warned me this: “PhD can cost your family”. True. In the first year of my PhD study, my friend – a male, told me: Ah, PhD doang. Ga usah setres lah. Yeah, true. 

One thought on “Doing a PhD

Leave a Reply

