Mbah (ng)Gojoyo


Ini cerita betulan, yang saya denger dari kata ibu saya – cerita tentang peliharaan.

Kalau soal peliharaan, orang jaman dulu beda sama orang jaman sekarang.

Orang jaman sekarang kan sukanya punya peliharaan anjing atau kucing, ya. Anjingnya dikasih baju yang bling bling, dimasukin ke dalam tas yang modelnya genit dan pink. Ada jamannya, kalau nggak salah tahun 90an, orang suka banget pelihara iguana. Terus kalau sudah, sukanya pamer: iguananya disuruh nangkring di pundak, dibawa jalan-jalan kemana-mana.

Kata ibu saya, kakek buyut saya itu peliharaannya jin. HA! Keren ya? Nama jin peliharaan kakek buyut saya itu: Mbah (ng)Gojoyo. Kalau dari namanya sih, jin ini laki-laki dan sudah berumur (matang). Menurut ibu saya, Mbah (ng)Gojoyo ini bukan model jin yang nakutin seperti di film-film horror – yang sukanya ngebunuhin manusia, atau minta tumbal, atau haus darah. Sama sekali nggak.

Sebagai peliharaan, Mbah (ng)Gojoyo ini tugasnya mulai dari nimba air di sumur, ngisi kulah (tempat air), mengumpulkan kayu kering untuk masak dan bersih-bersih rumah. Tapi, ibu saya nggak pernah melihat bentuknya kayak apa. Kata ibu saya: “cuman tau kalau dia ada atau dia dateng, tiba-tiba bau prengus. Bau prengus itu baunya kambing itu lohhhh. Terus tiba-tiba kedengaran suara orang menimba air di sumur belakang rumah. Terus ada air netes-netes, tanda si Mbah ini sedang mengisi kulah.”

Lumayan juga ya. Karena Mbah ini, kakek buyut saya nggak usah menggaji pembantu. Hemat dan mungkin bebas rasa jengkel dan gemes.

Menurut ibu saya, saat kakek buyut saya meninggal – Mbah (ng)Gojoyo ini pun pergi, nggak mau lagi datang ke rumah. Apalagi kerja.

Ya, gitu deh. Percaya nggak percaya.

3 thoughts on “Mbah (ng)Gojoyo

Leave a Reply

