Pancasila, sakti?


Dengan segala hormat kepada Pancasila.

Sedari saya sekolah di SD, saya diperkenalkan pada sejarah tentang PKI, Gerakan 30 September/PKI, tujuh jenderal, Lubang Buaya, Gerwani, dan … Kesaktian Pancasila.

‘Cerita’ sejarah yang saya dapat, mungkin sama seperti yang kalian dapat: komunis itu tanpa perikemanusiaan dan moral karena menolak agama dan tidak bertuhan. Ya, kurang lebih begitu.

Lalu, ketika saya belajar di S2, Saskie Wieringa membuka mata saya, saat itu paling tidak pada kenyataan mengenai Gerwani. Saya mulai membaca buku ini and itu, juga yang ini. Lalu, kalau tidak salah tahun 2008 (atau 2009 ya?) sahabat saya Kicky mengajak pergi ke IKJ untuk membeli tiga DVD – semuanya film independen mengenai anggota papan atas PKI, anak-anak mereka dan tidak lupa PKI. Lalu rasanya, di tahun yang sama – majalah TEMPO menerbitkan edisi khusus tentang PKI. Tiga DVD dan edisi khusus TEMPO benar-benar membuat saya penasaran. Apa yang saya baca/lihat bertentangan dengan apa yang saya terima bertahun-tahun sejak SD. Saya pun memesan buku Tahun Yang Tidak Pernah Berhenti dari lembaga Elsam di Pasar Minggu.

Sejak SD, yang saya tahu Bapak Suharto adalah pahlawan. Beliau menumpas PKI. Seputar itu pula yang saya tahu tentang hari kesaktian Pancasila.

Tetapi, kalau buku-buku yang saya baca itu benar, kalau 3 DVD itu benar, kalau yang ditulis TEMPO benar. Bahwa, penghianatan PKI pada tanggal 30 September itu adalah rekayasa – apakah artinya, kesaktian Pancasila (waktu itu) juga rekayasa? Lalu Kesaktian Pancasila 1 Oktober itu? Sakti rekayasa? Sakti karena guna-guna?

Saya sih, lebih melihat kejadian belakangan ini. Lihat deh. Sekelompok orang mencoba membinasakan Pancasila. Pemerintah kebanyakan diam saja. Apa sih?

Hmm. Semoga, kali ini Pancasila benar-benar sakti.

Leave a Reply

