Guru


Maafkan saya. 

Untuk saya, guru adalah pendidik. Bukan pengajar. Jadi, saya selalu melihat guru itu bukan pekerjaan. Tapi menjadi guru itu adalah pilihan hidup. 

Kalau pekerjaan, saya jadi guru hanya karena dibayar. Artinya, saya menjadi guru hanya selama saya di kelas. Artinya, setelah kelas selesai – saya bukan guru lagi. Lalu saya boleh menindas orang lain, lalu saya boleh ngomong jorok, lalu saya boleh memeras, lalu saya boleh mengutil, lalu saya boleh tidak hormat pada orang, lalu saya boleh menggunakan obat-obatan, lalu saya boleh mabuk. Secara sadar.

Buat saya, tidak seperti itu.

Menjadi guru itu adalah pilihan hidup. Artinya di satu sisi, jadi guru itu memiliki keistimewaan untuk merdeka – tidak terikat pada satu aliran tertentu. Tapi, pada sisi yang lain menjadi guru itu sangat terikat pada etika-etika moral kemanusiaan yang universal. Artinya, murid saya bukan hanya di dalam kelas. Ilmu yang saya bagikan bukan hanya statistik, IT, linguistik, tehnik, seni atau teori fisika. Tugas saya bukan hanya mengajar, tapi juga mendidik dan membuka pikiran saya terus menerus dan belajar terus menerus supaya saya tidak ketinggalan jaman.

Beruntungnya saya, saya kenal orang-orang yang memang pantas disebut guru. 

Buat saya itu yang namanya guru. 

Jadi, saya sering tidak mengerti kalau ada orang yang mengaku pekerjaannya guru atau dosen atau apalah – tapi di ruang publik memperlihatkan kualitas yang bukan kualitas guru. Merendahkan orang. Melecehkan orang. Merugikan pihak lain. Menyebarkan kebencian. Merasa paling tahu lalu tidak mau membuka hati dan pikiran. Menutup pintu untuk bertukar pikiran. Alih-alih membawa pencerahan, malah ikut-ikutan mempopulerkan hal-hal yang tidak pantas. 

Guru memang manusia biasa. Tapi, karena menjadi guru adalah pilihan hidup, tentu ada konsekuensinya kan? 

2 thoughts on “Guru

  1. Pingback: gu.ru. | hujan tengah hari

  2. Pingback: dance and live

Leave a Reply

