It is letting go, not moving on


Pagi ini saya belajar, benar-benar belajar. Bahwa, berjalan terus (to move on), sungguh berbeda dengan mengikhlaskan (to let go).

To move on, oiya. Saya berjalan terus, tidak terpaku pada kondisi yang tidak membahagiakan. Tapi, ketika saya berjalan terus, saya menyeret apa pun yang tidak membuat bahagia itu bersama saya. Benar sih, saya berjalan terus. Tapi, bukan berarti saya menjadi lebih bahagia dan lebih bebas. Karena saya berjalan terus dengan (masih) membawa beban apapun yang membuat tidak bahagia. Berat. Capek. Repot.

“I move on, Clara. I don’t care any more. But, she has to understand that what she did, has brought all memories back. Then it flashes back. It reminds me things that hurt me. She should understand that it hurts me. So she should not do that to me.”

Dan karena manusia mampu mengingat, kapan saja – saya bisa terluka (lagi, lagi, lagi, lagi). Dan berjalan terus bisa berarti menyeret sesuatu yang berpotensi melukai diri sendiri secara berulang, kapan saja dan dimana saja.

Kalau saya mengikhlaskan, saya melepaskan ikatan dengan apapun itu. Saya bebas. Apapun yang saya ikhlaskan itu pun bebas. Lalu, saya meninggalkannya begitu saja, lepas tanpa menyeretnya bersama saya. Ringan. Melegakan. Membuka peluang.

Dan karena saya telah melepaskan, saya bebas. Betul saya tidak memiliki lagi, tetapi saya tidak membawa serta sesuatu yang berpotensi melukai saya. Saya mungkin (masih) terluka. Tapi, saya berpeluang untuk sembuh. Dan menjadi (lebih) kuat. Saya aman. Saya bebas.

I have no fear of losing u, for you aren’t an object of my property, or anyone else’s. I love you as you are, without attachment, without fears, without conditions, without egoism, trying not to absorb you. I love you freely because I love your freedom, as well as mine ~ Anne Lamott

Leave a Reply

