Reward


Waktu saya dan kakak-kakak masih di sekolah dasar, kami mendengar seorang saudari misan mendapatkan hadiah untuk ranking satunya. Saya dan kakak-kakak saya lumayan sering juga dapat ranking lima besar. Apa lagi kakak saya. Kalau dia, kayaknya selalu menempati ranking tiga besar. 

Meneruskan cerita tentang ‘hadiah’, kakak saya memberanikan diri bertanya pada ayah: “Papi, si A dapat hadiah karena dia dapat ranking satu. Aku juga ranking satu loh. Kira-kira papi mau kasih hadiah apa?”

Dengan wajah serius dan datar, ayah saya menjawab seperti ini: 

“Kewajiban Papi sebagai orang tua adalah menyekolahkan kamu sebaik-baiknya dan setinggi-tingginya. Memberikan dukungan yang perlu dengan sebaik-baiknya. Tugas kamu sebagai anak yang sudah disekolahkan adalah belajar dengan sebaik-baiknya, seperti kami mendukung kamu dengan sebaik-baiknya. Jadi, dapat ranking itu ya sudah kewajiban kamu! Tanda kamu menjalankan kewajibanmu dengan baik. Hadiah untuk ranking satu? Hadiah kami apa karena sudah menyekolahkan kamu dengan baik?”

Lalu hening. Kakak saya ngeloyor pergi. Saat itu saya dan kakak saya yang lain cekikikan. Bersyukur, bukan kami yang bicara pada ayah kami soal hadiah dan ranking. 

Sekarang setelah saya menjadi orang tua, saya mengerti 100% apa yang dimaksud ayah saya. Kesempatan untuk sekolah (di sekolah yang baik, dengan buku-buku pelajaran yang lengkap, diantar dan dijemput dari sekolah, makanan yang sehat, rumah yang berlimpah kasih sayang) adalah pemberian orang tua kita yang luar biasa. 

Saya yakin, orang tua kita akan bahagia dan berterimakasih sekali kalau kita sekolah dengan sebaik-baiknya. Tidak perlu ranking. Ranking adalah bonus untuk kebaikan hati mereka, yang juga bonus untuk masa depan kita. 

Kenapa juga masih minta hadiah untuk ranking yang kita dapat? 

Leave a Reply

