Misyu



Teman yang baik,
sedang apa?

Tau kan ya, kalau kita sedang banyak urusan (baca: stres) kita jadi melakukan hal-hal untuk melampiaskan. Nah, kalau saya sedang setres, saya senang sekali masak. Kemarin saya buat tiramisu. Kayaknya sih lumayan enak. Ini loh resepnya:

Bahan:
4 – 6 kuning telur
125 gr gula pasir
250 gr cream cheese (idealnya sih jenis mascarpone, tapi kalau nggak ada jenis apa sajalah)
300 gr krim pekat (idealnya sih thickened cream, tp kalau nggak ada – krim apa saja)
25-30 buah kue kering lady fingers
2-3 sendok makan bubuk kopi espresso
300-350 ml air panas/hangat
50 gula pasir
125 ml marsala atau kahlua (tapi saya nggak pakai soalnya saya lebih suka yang non alkohol. kalau )
bubuk coklat

Caranya:
aduk rata kuning telur dengan 125 gr gula pasir dalam mangkuk tahan panas, lalu tim dengan sistem double boiler system. selama proses tim – kocok telur dengan garpu. Bila campuran kuning telur dan gula sudah menghangat (tes dengan punggung jari tangan) – angkat. Kocok dengan mixer sampai warna berubah pucat.
Masukan cream cheese sedikit demi sedikit sampai tercampur rata, lalu masukan krim pekat. Campur sampai rata.
Masukan bubuk kopi dan 50 gr gula pasir ke dalam air panas/hangat lalu campurkan kahlua/marsala.
Buat lapis pertama: rendam punggung lady fingers satu persatu dengan larutan kopi – susun pada dasar loyang.
tuang sebagian adonan cream cheese ke atas susunan lady fingers lalu taburi bubuk coklat.
Buat lapis kedua/ketiga – seterusnya sampai adonan cream cheese habis.
Terakhir, taburi lapisan atas dengan bubuk coklat.

🙂 Gampang kan ya? Saya sih nggak suka – hanya suka buatnya aja.

Tapi, selamat mencoba dan menikmati yaa

Salam hangat🙂

Gambarnya punya saya loh :p

One thought on “Misyu

Leave a Reply

