Di Margonda



Reblogged from Elinka: Vault of Memory.

Teman tersayang,
apa kabar?

Pernah tidak kalian tiba-tiba tertawa karena mengingat kejadian mengesalkan bersama teman tersayang yang sudah tidak bersama kalian lagi?

🙂 I did today.

Saya dulu asistennya Mas Dedy Hidayat. Biasanya, dari tahun ke tahun kami mengajar dipagi hari jam 8. Beberapa kali, sampai jam 8.15 – Mas Dedy belum datang juga dan biasanya saya akan telpon: “Mas Dedy posisi di mana sekarang?”
Dan akan dijawab: “Saya di Margonda”. Saya, tanpa bertanya, hanya menarik kesimpulan “Oh… udah di Margonda. Sebentar lagi bakal sampai.”

Berkali-kali, sampai jam 8.30 Mas Dedy belum datang juga – jadi, saya telpon lagi – dan jawabannya selalu sama: “Saya di Margonda.” Biasanya, saya akan tanya: “Masih lama, Mas (sampai ke UI)?” – dan akan (selalu) dijawab: “Titut mulai aja deh dulu.”

Dan, ya sudah. Saya akan mulai mengajar sambil (selalu) berharap Mas Dedy akan segera datang dan mengambil alih kelas. Mas Dedy biasanya datang disaat kelas sudah berakhir.

Bertahun-tahun setelah saya selalu berpikir “saya di Margonda” itu berarti “Saya sedang di jalan Margonda (menuju UI Depok)” – seorang teman memberitahu saya bahwa “Lah? Gimana? Rumah Mas Dedy itu memang di jalan Margonda”.

Hahahahaha jadi kemungkinan ketika Mas Dedy berkata “Saya di Margonda”, beliau sedang ada di dalam rumah. Saya yang berasumsi “Saya ada di Margonda” itu berarti “saya sedang ada di Margonda (menuju UI Depok)”.

Dan entah kenapa, saya selalu tertawa sendiri kalau ingat soal “saya di Margonda” ini. And I always remember that every time I miss him. I miss you so much Mas Dedy.

Pernah tidak kalian rindu pada teman, sekaligus guru, sekaligus sahabat?

Salam.

4 thoughts on “Di Margonda

Leave a Reply

