Life is kind :*


Untuk mereka yang sedang merasa sendirian dan sedih, dengan penuh cinta.

Beberapa tahun belakangan ini saya belajar bahwa hidup saya (hidup kita) indah sekali. Waktu pertama datang untuk belajar jauh dari keluarga, saya sering marah-marah ke Gita. I felt, somehow, she slowed me down. I am sorry Gita. Sampai pada satu titik, saya mulai berpikir bahwa Gita tidak minta saya ajak ke sini. MUNGKIN dalam pikiran kanak-kanaknya, dia juga marah karena direnggut dari segala kemapanan: kemana-mana harus jalan kaki, jauh dari Eyang Putri dan Opanya, harus selalu saya geret-geret kemana-mana.

Jadi, saya terima saja semua koensekuensinya: capek badan, tidur kurang, mengalah dalam banyak hal, membiarkan hidup saya berjalan lambat supaya Gita berjalan di samping saya dengan senang hati. Saat itu saya sudah siap untuk lelah selelah-lelahnya, setres sesetres-setresnya.

Saya salah.

Kemudahan demi kemudahan datang. Keluarga saya yang jauh di sana semakin dekat di hati, di pikiran. Dari jauh, saya lebih mampu melihat betapa sayangnya ayah, ibu dan kakak-kakak kepada saya. Dengan jarak, saya lebih mampu memaklumi mereka dan mencintai. Bantuan juga selalu tersedia: kebanyakan dari orang-orang yang (tadinya) asing buat saya. Mereka menawarkan dukungan emosi dan bantuan nyata – kapan saja. Orang-orang yang tadinya asing ini, sekarang jadi orang-orang yang punya tempat khusus di hati saya. Gita, instead of slowing me down – she lets me to grow even better. With her. We both grow beautifully.

Sekali lagi terbukti, ketika saya dan Gita pergi ke negara lain untuk konferensi. Saya pikir tadinya runtang runtung berdua akan sangat repot. saya jadi punya ketakutan macam-macam. Ternyata, saya salah lagi. Bantuan selalu datang. Keajaiban di mana-mana. Kebaikan terjadi setiap saat. Di tempat yang jauh dan asing, saya merasa aman dan nyaman. Saya dan Gita, kamu, kita tidak sendirian🙂

Hidup sepertinya memang tidak mudah, tapi tidak menyedihkan. Tidak buruk. Tidak jahat. Tidak kejam.

It is a lovely life. Nothing to be afraid of or worried about. Life is full of blessings. Every single second is a bliss. God is not in heaven (No, God also not in New York). God is close, everywhere. I’ve discovered – seen and met – God on the faces of the strangers🙂 Miracle is everywhere. I am very grateful for everything.

Paradise lost is (most of the time) heaven found.

Gambarnya saya pinjam dari sini. Terimakasih ya.

4 thoughts on “Life is kind :*

Leave a Reply

