To take advantage of


Heran. It bugged me, really. Seminggu ini kok ketemu sama isu “to take advantage of” – yang justru datang dari orang-orang yang tidak saya harapkan mengambil keuntungan dari saya. Hiks.

Minggu lalu, saya minta tolong sahabat saya A untuk jaga Gita. Somehow I knew, she did not want to help. Well, at last somebody else agreed to help me looking after for Gita on the weekend. Tapi beberapa jam setelah masalah urusan jaga anak ini selesai, A mengirim sms ke saya. Bunyinya: “Saya bisa jaga anak kamu hari Sabtu, hanya kalau kamu jaga anak saya hari Minggu. Karena, saya kerja hari minggu.” Oh. Lalu saya cerita pada sahabat saya B soal si A. Komentar B: “Because you are too nice. Most of the time you helped her, never complained. When she refused to help you, you did’t complain too. And, you keep helping her. That’s why she keeps taking advantage of you“. Oh. Oh.

Lalu, tadi malam – seorang yang dekat dengan saya, C, tiba-tiba tanya: “Do I take adavantage of you?” Wah. Saya ga tau. Kok tanya? Lah, kamu ngerasanya gimana, “Do you?”. Dia bilang nggak tau. Lha apa lagi saya. Tapi lalu saya tanya dia, “Do you think I take advantage of you too?”. Orang ini memberi saya round-about repliessemacam: “I am happy we are taking advantage of each other“. Loh? Perasaan saya enggak deh. Kok?

Kalau buka kamus The American Heritage dictionary of idioms dan mencari kata “to take advantage of“, liat deh. Hampir tiap definisinya itu nadanya negatif: to put good use, to exploit, to profit selfishly by. The free dictionary mendefinisikan “to take advantage of” sebagai: to make good use of, to impose upon the weakness, good nature, etc., of; abuse atau to seduce.

I was so sad. Seingat saya sih, saya tidak pernah taking advantage of both of them, baik A maupun C. Kayaknya loh, kalau saya nolong/baik itu ya karena saya mau dan saya bisa. Nggak pernah kepikiran “keuntungan apa yang bisa saya dapat”. Terus, biasa. Jadi kepikiran gitu: “Why did they take advantage of me?“. Oh.

Tapi lalu saya ingat doa-doa yang saya ucapkan siang dan malam dan setiap waktu, how they sound my wish and my hope. Dan bagaimana saya (akhirnya) berusaha untuk hidup baik. Apa sih tujuannya kalau bukan – ujung-ujungnya, dapat pahala baik A.K.A pengabulan semua doa-doa saya A.K.A personal return? Saya hidup baik bukan karena saya ingin hidup baik, no matter what. Tapi, karena saya ingin dapat pahala dari Tuhan. Oh.

I always take advantage of God. Iya, saya mungkin ngga pernah taking advantage of A and C, tapi itu tidak membuat saya menjadi orang yang tidak pernah taking advantage of someone/something. Hmm.

Lagian ya. Keliatan banget ngga sih, all I did to A and C were not my good will. Not at all. Soalnya, kalau saya nolong/baik sama A dan C karena kemerdekaan pilihan saya untuk nolong/jadi orang baik, kenapa juga mesti terganggu dengan isu “to take advantage of“. Kalau mereka menerapkan “taking advantage of” actions dalam hidup mereka, well be it. Nggak perlu deh saya jadi kesel, lalu tergoda untuk “males ah nolong/baik lagi” dan jadi parno selalu mikir “ini orang lagi mengambil keuntungan ya dari saya?”. Oh capeknya. That’s your game, not mine🙂

I am happy here. Really. Kamu tidak taking of advantage of me, karena saya yang memutuskan dan memilih my own good will. Well, saya tidak akan selalu baik/menolong. Tapi, ketika saya secara sadar dan merdeka, memilih untuk hidup baik, saya tahu segala konsekuensinya untuk saya. Ketika saya hidup baik, this is about me. Not about you.

This is about choosing how to live, not about victimizing life:)

5 thoughts on “To take advantage of

  1. Like this.
    Mbak, mungkin maksudnya, kita saling memberi dan menerima…, saling menolong… meskipun mungkin ‘take and give’ lebih enak didengar daripada ‘we are taking advantage of each other’ ya….hehehe….

    • emang? ada gitu hubungan antara timur dan tidak timur? rrrr itu yang A juga orang timur :p
      A lebih timur dari aku tp, uummmm hehe

Leave a Reply

