Math Myth


Saya tidak tahu harus bilang apa, setelah membaca buku Feminist Technology. Beberapa bulan ini baca buku-buku mengenai pengetahuan (knowledge) dan ilmu pengetahuan (science), lalu ngeh how science and technology have been socially constructed in very, very terrible way. Dan lalu lebih banyak laki-laki yang kuliah dan kerja di teknik dibanding perempuan. dan lalu lebih banyak laki-laki yang kuliah dan kerja di IT dibanding perempuan. Lalu ngeh, kenapa matematika, fisika, kimia dan IPA jadi suatu yang (dianggap) lebih prestige dibanding bahasa, menari, gamelan, membatik, antropologi, dan IPS.

Salah satu buku yang saya bilang: objektivitas dan rasionalitas (dianggap) lebih unggul dibanding subjektivitas dan emosional. Matematika adalah simbol abadi yang dipakai untuk mewakili objetivitas dan rasionalitas: kepastian dan ketepatan. Gimana ga objektif, 2 + 2 dimana-mana hasilnya akan selalu 4 kan? Sementara seantero dunia, 1000 gram itu selalu sama dengan 1 kg. Tidak peduli sedang marah, sedih atau bahagia, rasio harus tetap jalan, kan? Artinya, biar sedang marah, sedih atau bahagia 2 + 2 ya tetap harus sama dengan 4.

Buku lain yang saya baca bilang, laki-laki itu lebih objektif dan rasional. Sementara perempuan itu lebih subjektif dan emosional. This is a bit funny of missing in narrative, alias ngawur: karena itu pantas saja kalau laki-laki jago matematika, karena itu pantas saja laki-laki kuliah dan kerja di bidang teknik dan IT. Dan, perempuan tidak pantas karena tidak mampu, karena subjektif dan emosional.

Ha ha ha. Ketawa.

Rasanya sih, sampai hari ini saya masih perempuan. Perempuan aseli loh.
Dan saya handal di bidang matematika.
Dan saya lihai pakai dan baca statistik.
Dan saya perempuan.

2 thoughts on “Math Myth

Leave a Reply

