Yellow Slip(s)


Kemarin, sahabat saya cerita soal anaknya dapat (lagi) yellow slip. Di sekolah , kalau anak dianggap melakukan hal yang melanggar aturan sekolah, maka peringatan akan diberikan dalam bentuk memberikan kartu kuning (yellow slip). Kalau kartu kuning sudah tidak dihiraukan, kartu merah (red slip) akan keluar.

Anak sahabat saya mendapat kartu kuning karena mengangkat kemeja temannya sampai punggung. Sang teman mengadu pada guru kelas mereka: “Dia mengangkat kemeja saya sampai punggung saya kelihatan dan dia juga (mau) menarik turun celana pendek saya sampai celana dalam saya (akan) kelihatan”. Ini adalah kartu kuning kedua bagi anak sahabat saya. Marah. Kecewa. Mungkin saya juga marah dan kecewa kalau Gita mendapat kartu kuning, apalagi kalau sampai dua lembar hanya dalam satu bulan.

Tapi, ini bukan soal kartu kuningnya. Ini juga bukan soal kelakuan si anak yang mengangkat kemeja temannya.

Sembari menyerahkan kartu kuning pada anak sahabat saya, wali kelasnya berkata “Congratulations, you earned another yellow slip.” Menurut teman saya: “She (wali kelas) was being sarcastic!” Iya, saya setuju. Tapi, lebih dari itu menurut saya (yang juga marah mendengar perkataan wali kelas), “she encouraged the kid to do/to behave something (maybe) beyond nobody’s expectation (in the future)“.

Congratulations berarti harapan baik, penghargaan, ganjaran baik. Kalau orang tua mengatakan: “Selamat ya nak, kamu mendapat juara satu lagi” – apa sih yang bisa kita tebak akan terjadi?

Congratulations, you earned another yellow slip. Mungkin nanti bukan hanya kartu kuning. Guru bukan pengajar, lebih dari itu – guru adalah pendidik.

=============================================
You are not as bad as people say, you are much, much worse.

3 thoughts on “Yellow Slip(s)

  1. halo mbak Titut. serem juga ya kalau misalnya guru begitu. saya waktu kecil keluar dari masa-masa suram gara-gara dimotivasi dengan banyak “congratulations” dari orang2 sekitar.

    mungkin guru itu mau anak itu keluar aja.

    oya, blognya bagus banget, mbak Titut. hehe

    -Reney, kom 05

Leave a Reply

