AVATAR, Pocahontas, TLotR, The Craft


Teman, kalau tidak keberatan – sebelum kamu terusin baca postingan ini, boleh nggak ikut survey saya dulu?🙂

klik di sini kalau berkenan ya. TErimakasih sebelumnya.

=====================

Waktu kemarin saya main ke Makassar, saya dan beberapa teman dari Angingmammiri nonton Avatar di Mall Panakukkang. Sayang telat lima menit gara-gara keasikan nulis blog di Caffee Exelso.

Ngomong-ngomong, film yang satu ini bener-bener bisa membuat saya lupa daratan dalam arti yang sesungguhnya *nonton dulu baru kamu tau maksud saya, ya nggak Ntan?hahahahaha*. Padahal di menit-menit awal film ini, saya merasa “yaaaa film beginian” (baca: udah mau males nonton aja bawaannya). Eh, ternyata setelah 15 menit lewat – saya jadi keasikan sendiri.

Yang aneh, selama nonton film Avatar itu, saya juga jadi inget Pocahontas (1998), The Lord of the Ring (2003) dan The Craft (1996). Iya ga sih? Ada yang mengalami kejadian serupa ga selama nonton film itu? *hihihihi*

Na’vi membuat saya ingat pada Powhatan. Neytiri mengingatkan saya pada Pocahontas. Terus, Jake Sully vs John Smith, The Well of the Sould vs Mother Willow (in fact, the Well of Souls in Avatar is a giant willow tree). Kalau di Avatar, orang-orang “barat” mau mengambil alih unobtainium di daerah Pandora, di Disney-nya Pocahontas orang-orang Inggris dari Virginia Company mau mengambil alih “emas” di daerah Tsenacommacah.

Ibu para dewi, Eywa mengingatkan saya pada Ibu bumi Manon di The Craft (1996). Ini petikan percakapan antara Rochelle, Sarah dan Nancy di film the Craft.

Sarah: Who?
Rochelle: Manon.
Sarah: What’s that? That’s like god?
Nancy: No, man invented god. This is older than that.
Sarah: D-Do you guys worship the devil? (laughter)
Nancy: It’s like god and the devil. I mean, it’s everything. It’s-it’s the trees; it’s the ground; it’s the rocks; it’s the moon; it’s everything.
…..
Nancy: It’s when you call him. Manon. It’s like– It’s like you take him into you. It’s like he fills you. He takes everything that’s gone wrong in your life, and he makes it all better again. (chuckles)


*percakapan di Avatar tentang devinisi Eywa menyusul yak… soalnya baru nonton sekali hahahaha*

Nah, waktu saya main-main ke wiki-nya James Cameron tentang Avatar, dijelasin tuh apa itu Eywa. Eywa itu adalah kekuatan supernatural suci yang menjaga dan melindungi Pandora dan Na’vi. Orang-orang Na’vi percaya Eywa akan menjaga kestabilan “ekosistem” dan menghubungkan setiap unsur dalam alam semsta. Makanya, selalu ada “selang penghubung” alamiah pada ikran (burung/Banshee), pa’li (kuda/Direhores), dan palulukan (panter/Thanator) yang kalau dihubungkan ke rambut kepang orang-orang Na’vi akan menjadikan binatang-binatang khas Pandora itu menjadi satu harmoni dengan penunggangnya. Orang-orang Na’vi percaya Eywa adalah kekuatan spiritual yang mengatur keharmonisan setiap unsur di alam semesta. Karena mereka percaya soal itu, jadinya mereka bisa melihat ujud Eywa ini pada benda-benda disekitar mereka – yang dapat dipegang dan dilihat.

Masalahnya, banyak orang-orang yang engga percaya bahwa Eywa atau Manon atau Ibu Bumi itu adalah entitas yang memiliki jiwa. Jadi, bawaanya ada orang-orang yang mau menguasai bumi (dan segala isinya) dan enggak berlaku engga sopan sama (ibu) bumi. Orang-orang ini lupa, kalau pada saatnya nanti bumi akan membalas kelakuan mereka *kata Sarah yang di the Craft: “(ibu) bumi akan membalas tiga kali lebih parah”. Waduh, ngeri!* Jadi inget waktu binatang-binatang di hutan menyerbu pasukannya Kolonel Quaritch. Jadi inget waktu Ents menyerbu orc dan uruk-hai dan menghancurkan pasukan Menara Timur.

TREEBEARD: There is always smoke rising from Isengard these days.
MERRY: Isengard?
TREEBEARD: There was a time when Saruman would walk in my woods. But now he has a mind of metal and wheels. He no longer cares for growing things.
….
….
[The Ents are stomping over Isengard, swinging their huge limbs, throwing and stamping on Orcs and rolling huge boulders over the ground. An Ent is pulled down with chains by some Orcs, who immediately jump on and hacks away Saruman rushes out onto the balcony of Orthanc and stares at the pandemonium in incredulity. Merry and Pippin also throws stones at Orcs, their aims true.]

PIPPIN: Yes!
TREEBEARD: A hit. A fine hit! (Two Ents rock a wooden structure and push it over into the caverns below, smashing against the rock. Some Orcs fire flamed-tipped arrows at an Ent, setting him on fire. Saruman continues to look about from his balcony, helpless. Some Ents are now breaking away at a dam.]
TREEBEARD: Break the dam! Release the river! (The dam is broken and Saruman looks up to see the river rushing down the slope towards Isengard, washing away Orcs and wooden structures in its path.)
MERRY: Pippin, hold on! (The hobbits tighten their hold on top of Treebeard)
TREEBEARD: Hold on, little hobbits! ([Treebeard braces himself against the flood. As the water rushes over Isengard, an Ent rushes in and thrusts his burning body into the water. The water rushes into the caverns, washing away the bridges, mechanisms and structures within.)

Kalau saya mau mengenyampingkan fakta bahwa dalam film Pocahontas itu Disney memutarbalikan fakta sejarah *huh! sebal*, sebenarnya film itu (dan film yang lain) membuat saya kesentil *malu* hahahaha

Color of the Wind

You think you own whatever land you land on / The Earth is just a dead thing you can claim / But I know every rock and tree and creature / Has a life, has a spirit, has a name

You think the only people who are people / Are the people who look and think like you / But if you walk the footsteps of a stranger / You’ll learn things you never knew you never knew

The rainstorm and the river are my brothers / The heron and the otter are my friends / And we are all connected to each other / In a circle, in a hoop that never ends

How high does the sycamore grow? / If you cut it down, then you’ll never know / And you’ll never hear the wolf cry to the blue corn moon

You can own the Earth and still / All you’ll own is Earth until / You can paint with all the colors of the wind

Ngomong-ngomong, capek ga baca postingan yang ini? I am thinking to much! HAHAHAHAHAHAHAHAHA Belum tentu juga orang-orang yang pada nonton film mikirin apa yang saya pikirin. Nonton mah nonton aja kali yah hahahahahaha.
Tapi, saya merasa beruntung sekali menuruti ide iseng-iseng nonton Avatar waktu di Makassar (disempet-sempetin). Saya selalu merasa perlu diingatkan pada banyak hal, dan kali ini saya diingatkan oleh sebuah film (dan beberapa film lainnya yang teringat gara-gara saya nonton Avatar).

12 thoughts on “AVATAR, Pocahontas, TLotR, The Craft

  1. Wah, bagus banget catatannya🙂
    Langsung kena ke intinya tuh…

    Memang kalau soal lingkungan, kita selalu “maruk” menjadi penguasa, akhirnya lupa keseimbangan. Jadi jangan heran kalau alam membalas dengan banjir, tanah longsor dan bencana lainnya yang sebenarnya disebabkan oleh manusia itu sendiri.

    • hayukkkk
      ketemuan besok di Mall Kelapa Gading III
      aku sama anakku dan ponakan2 nonton yg versi 3d hehehehe
      peluk.. yg 2d juga keren kok ina
      peluk lagiii

  2. saya tadi barusan nonton Avatar. Beli tiket 2, padahal nontonnya sendirian. (aneh, kan?)

    tapi pas nonton film tadi saya jadi ingat film The Road to El Dorado.
    Tapi sumpah, filmnya keren!
    Tahun ini menurut saya film action paling keren: Star Trek dan Avatar.

    • aduh, Mus. Saya sudah pulang… kenapa kamu pakai beli dua tiket segala?
      tapi setuju Mus! Avatar kerennnn

      *besok mau nonton lagi yg 3D*

  3. aku udah nonton! kayanya yang bikin filmnya sosialis ya ;P

    btw kalo mbak ingetnya sama pocahontas, aku ingetnya sama papua yang dulu konflik sama perusahaan asing yang ngeruk emas itu tuh, hehehe overall super-duper excellent banget ya, bikin menganga sepanjang film

Leave a Reply

