Golongan darah U


Hari ini, saya kembali menerima email dari universitas saya. Isiya adalah permintaan bantuan untuk donor darah golongan U. U? Ya, U. Saya baru dengar golongan darah U ini bulan lalu, ketika universitas saya mengirimkan email pertama untuk meminta bantuan donor. Untuk banyak orang, pasti bingung. Sama, saya juga. Kirain hoax. 

Selain golongan darah yg kita kenal – A, B, O, dan AB ada golongan darah lain yang jenisnya langka. Golongan darah dikatakan langka jika ada 1 orang diantara 1000 orang yang tidak memiliki antigen yang sama atau memiliki ketidaksamaan dengan 999 orang yang lain. Itu jenis langka.

Nah, ada golongan darah yang SANGAT langka, yaitu bila ada 1 orang diantara 10000 orang yang tidak memiliki antigen yang sama atau memiliki ketidaksamaan dengan 9999 orang yang lain.

Masalahnya apa kalau punya jenis golongan darah yang langka dan SANGAT langka? Sebenernya kalau orangnya sehat lahir batin, ya nggak ada masalah. Yang repot kalau orang-orang ini memerlukan transfusi darah. Repotnya, golongan darah yang langka dan SANGAT langka ini riwil. Pendonor tidak hanya harus memiliki golongan darah yang sama, TAPI juga harus punya latar belakang etnis, ras dan gen yang sama dengan calon penerima. Kondisi ini jadi sulit dengan maraknya orang bermigrasi keseluruh dunia sementara biasanya mereka yang punya golongan darah yang langka dan SANGAT langka ini jumlahnya sangat sedikit. Ya, jadi seperti mencari jarum di tumpukan jerami gitu.

Nah, mereka yang punya golongan darah U negatif, umumnya dimiliki oleh orang yang kulitnya berwarna gelap – seperti mereka yang berasal dari negara-negara Afrika dan Karibia. Daftar lengkapnya, lihat dimari.

Kalau mau tau tentang golongan darah yang langka dan super langka, lihat dimari dan kalau mau liat daftar golongan darah langka karena penyakit, lihat dimari.

Terus, ada baiknya jangan cepet-cepet mikir ‘hoax’ hanya karena kita nggak pernah dengar (kurang ilmu). Pada saat kita menghiraukan karena kita pikir berita itu hoax, mungkin ada orang yang sedang meregang nyawa.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s